Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Polres Konawe Gelar Simulasi Pengamanan TPS Pemilu 2024

24
×

Polres Konawe Gelar Simulasi Pengamanan TPS Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Example 300x600

Info-Sultra.com | Konawe, Kepolisian Resor (Polres) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Peralatan dan Simulasi Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS)  dalam rangka Pemilu 2024 di Wilayah Hukum Polres Konawe, di halaman Polres Konawe, Sabtu (27/1/2024).

Simulasi ini di pimpin langsung Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, Wakapolres Konawe Kompol Jamaluddin Saho dan dihadiri oleh  personel gabungan pengamanan dari unsur Polres Konawe , Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Anggaberi dan PPS Inolobunggadue, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (PPK) Anggaberi, serta petugas Linmas.

Skenario  latihan pengawalan dan pengamanan logistik Pemilu  2024 serta pengamanan di lokasi TPS pada pemungutan suara melibatkan beberapa personil dengan skenario yakni mulai dari pengawal logistik logistik dari KPU ke PPK, Pengamanan TPS, Pengawalan Logistik dari TPS Ke PPS dan PPK, Pengawalan logistik dari TPS Ke PPS dan PPK. 

Pada proses penghitungan suara di Kelurahan Lerehoma, Kecamatan Anggaberi. 

ditengah berlangsungnya kegiatan penghitungan suara, terjadi aksi protes oleh Saksi dari “Parti  Jambu”  yang diperankan oleh Kasat Narkoba Iptu Asriadi yang menganggap bahwa terdapat 1 lembar surat suara sah.

Namun oleh KPPS dianggap tidak sah dan akhirnya terjadi keributan dilokasi TPS. Dengan pertimbangan keamanan, KPPS memanggil personel Polri Pam TPS bersama Linmas Pam TPS untuk masuk ke lokasi TPS dan mengamankan oknum yang melakukan aksi protes dan sudah menjurus ke arah anarkis. 

Personel Polri Pam TPS langsung mengamankan oknum yang melakukan protes tersebut dan menghubungi Polsek Unaaha lewat HT agar segera menjemput oknum yang melakukan keributan di lokasi TPS.

Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi menjelaskan, hari ini Polres Konawe melaksanakan kegiatan gelar perlengkapan perorangan dan kesatuan dan dilanjutkan lainjutkan kegiatan Simulasi TPS yang khusus oleh anggota Polri. 

“Yang kita lihat pengamanannya, tujuannya adalah untuk meminimalisir ataupun memitigasi dari pada dinamika yang muncul mulai dari perlengkapan perorangan kita menunjukan bahwasannya anggota tersebut sudah siap melaksanakan tugas termaksud perlengkapan persatuan kita, cek kesehatan nya dan perlengkapan kendaraan menjadi kesiapan untuk membantu suksesnya pemilu ini,”ujar Kapolres Konawe. 

Lebih lanjut,  kata Kapolres dilakukakannya Simulasi ini yakni bagaimana langkah- langkah  apa saja yang akan dilaksanakan agar tidak terjadi kekeliruan dalam melaksanakan penugasan ini TPS nantinya.

“Alhamdulillah, kita udah hampir 90 persen udah siap tinggal nunggu pemantapan menuju 100 persen .Kita ada waktu sebentar, hari ini kekurangannya apa saja nanti kita mantapkan jadi 100 persen akan menggenapi, ” bebernya. 

Ia juga menyampaikan, untuk 14 februari 2024 melibatkan pengamanan  dari Polres dan Kodim yang di wakili oleh rekan-rekan Koramil.

“Untuk PAM TPS 241 untuk seluruh Kabupaten yuridis Polres Hukum Konawe, karena ada yuridis hukum yang masuk di Rana Polresta Kendari yakni Lalonggasumeeto dan soropia, ” ujarnya. 

Kapolres Konawe  juga menghimbau kepada masyarakat untuk  mewujudkan pesta rakyat ini dengan penuh sukacita, riang gembira dengan langsung, umum, bebas dan rahasia. 

“Mari kita bersama – sama  wujudkan pesta rakyat ini dengan penuh sukacita, riang gembira dengan langsung, umum, bebas dan rahasia, ” pungkasnya. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *