Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Usai Pimpin Uparacara HUT Konawe Yang Ke-64 Tahun, Pj.Bupati Harmin Ramba Bersama H.Lukman Abunawas Ziarah Makam Raja Lakidende

22
×

Usai Pimpin Uparacara HUT Konawe Yang Ke-64 Tahun, Pj.Bupati Harmin Ramba Bersama H.Lukman Abunawas Ziarah Makam Raja Lakidende

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Example 300x600

Info-Sultra.com || Komawe – Setelah memimpin upacara peringatan hari ulang tahun HUT Konawe yang ke 64, Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba bersama mantan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas melakukan ziarah ke makam Raja Lakidende lalu menggelar prosesi adat Mosehe (Tradisi Suku Tolaki) di Unaha, Minggu (03/3/2024).

Selain dihadiri Harmin Ramba dan Lukman Abunawas, ziarah ke makam Raja Lakidende ini juga turut dihadiri Kasrem HO, tokoh adat, tokoh masyarakat dan bersama rombongan lainnya.

Dalam suasana yang penuh khidmat, tampak mereka memberikan penghormatan dan doa untuk daerah konawe kota padi.

Dari pantauan awak media, selain ziarah ke makam Raja Lakidende, juga dilaksanakan prosesi adat Mosehe (Tradisi Suku Tolaki) yang dirangkaikan dengan pemotongan satu ekor kerbau putih sebagai rasa syukur dan penghormatan kepada para leluhur. 

Harmin Ramba mengungkapkan, bahwa prosesi adat Mosehe memiliki makna yang mendalam pada konteks budaya Suku Tolaki di Konawe.

“Ini adalah bentuk penghargaan kita kepada leluhur dan tradisi yang telah membentuk kearifan lokal masyarakat Konawe,” katanya. 

“Semoga dengan menjalankan tradisi ini, kita dapat mempertahankan nilai-nilai luhur dan kekayaan budaya kita,” jelasnya.

Laporan: Redaksi

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

  Post Views: 46

Berita

Post Views: 5