Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Bupati Konut Menjadi Narasumber Dalam Seminar Pendidikan Oleh APSI Sultra

45
×

Bupati Konut Menjadi Narasumber Dalam Seminar Pendidikan Oleh APSI Sultra

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Example 300x600

Info-Sultra.com |Kendari- Bupati Konawe Utara H. Ruksamin kembali diundang menjadi narasumber terkait Bidang Pendidikan.

Kali ini, H. Ruksamin  menjadi narasumber dalam seminar Pendidikan yang bertajuk “Peran  Pemangku Kepentingan Pendidikan dalam Implementasi Program Merdeka Belajar”.

Seminar tersebut merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Prov. Sulawesi Tenggara yang berlangsung di Hotel Plaza Kubra Kendari pada, Sabtu (21/10/2023).

Dalam seminar ini,  Ruksamin memaparkan terkait Kebijakan Pembangunan Sumber daya manusia, program merdeka belajar, dan kemajuan pendidikan menuju Sultra Pusat Energi Dunia.

Dalam Kebijakan Pembangunan Sumber daya manusia Ruksamin menyebut Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  Konut saat ini menunjukan peningkatan di angka 71,10 yang sebelumnya pada tahun 2016 berada di angka 67, 71, dan saat ini urutan ke – lima Kabupaten se – Sultra.

Salah satu indikator IPM Konut mengalami peningkatan lanjut Ruksamin, karena dilakukannya beberapa strategi pembangunan pendidikan yakni dengan menyediakan kuliatas layanan pendidikan yang merata, peran masyarakat dalam pembangunan Pendidikan, perubahan metode pembelajaran, budaya sekolah dan baca.

“saat ini Pemda Konut telah memberikan beasiswa bagi  Siswa SD sebanyak 8890 dan SMP 3346” ucapnya.

‘Selain itu, Beasiswa Konasara untuk 2370 mahasiswa asal Konawe Utara yang terdiri 121 Universitas yang tersebar di Indonesia, Kemudian menyidiakan Program 1 leptop 1 guru dengan jumlah guru SD dan SMP saat ini di Konut sebanyak  1487 ,  serta Tambahan Penghasilan Pegawai untuk ASN Konut yang saat ini menjadi yang tertinggi di Sultra” tambahnya.

Lebih lanjut, terkait kemajuan pendidikan menuju Sultra Pusat Energi Dunia ruksamin mengatakan dimasa mendatang dibutuhkan visi pembangunan  yang memastikan terbangunnya  sinergi antara masyarakat negara dan swasta dalam pengelolaan SDM. Sehingga dapat terwujud sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

“Pilar pembangunan untuk menuju Sultra Pusat Energi Dunia itu diantaranya Energi untuk kemandirian, Pendidikan Kesehatan, Kemakmuran, Infrastruktur, Agro, Lingkungan, Melayani, dan Harmoni” ucapnya.

Diketahui selain Bupati, Kepala BGP Prov. Sultra Awaludin Keala, Kepala BPMP Sultra, dan Ketua BAN Sultra juga menjadi Narasumber dalam seminar itu.

Turut mendampingi Bupati dalam seminar itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konut Asmadin, Kepala Bappeda Konut Muhaimin, dan Kabag Protokol Konut Sutriawan.

Laporan: Redaksi

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *