Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Aliansi Masyarakat Adat Konawe Bersatu Berharap Pj Bupati Dijabat Putra Daerah

81
×

Aliansi Masyarakat Adat Konawe Bersatu Berharap Pj Bupati Dijabat Putra Daerah

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Konawe,Info-Sultra.com-Akbar Liambo selaku Ketua Aliansi masyarakat adat Konawe bersatu mengharapkan Pj Bupati yang sudah diusulkan ke Kemendagri, dijabat oleh putra daerah.

Lanjut Akbar sapaan akrabnya” Pemerintah pusat diharapkan bisa memberi kesempatan kepada putra putri daerah untuk bisa mengisi jabatan tersebut.

Example 300x600

“Kita sangat berharap agar Pj Bupati nanti dijabat oleh putra daerah. Tentunya pejabat di daerah yang juga memenuhi syarat secara administrasi,” ujar Akbar, di salah satu Cafe di Unaaha, Minggu (20/8/2023).

Ditambahkannya, keinginan ini sangat wajar, mengingat pejabat daerah terkait lebih memahami kondisi asli di daerah, sehingga berdampak positif pada kemudahan dalam koordinasi, komunikasi dan kerja sama berbagai pihak.

Namun dirinya juga menuturkan, apabila tidak bisa diakomodir paling tidak bisa diberikan kesempatan untuk Putra daerah mengisi jabatan tersebut. Kendati begitu, dirinya tetap menyerahkan perihal soal Pj Bupati ke depan sepenuhnya pada Ketua DPRD Kabupaten Konawe dan Provinsi serta pihak Mendagri, yang mana ketiganya memiliki kewenangan dalam mengusulkan Pj.

“Memang bukan tidak mungkin nantinya nama Pj Bupati berasal dari Kemendagri. Karena memang penunjukan nama berdasarkan sejumlah pertimbangan yang ada,” ujarnya.

Maka, dirinya berharap hal ini bisa mendapat dukungan dari seluruh elemen di masyarakat, khususnya pada daerah penunjukan Pj ke depan.

Namun secara umum ucap Akbar, yang terpenting adalah bagaimana Pj Kepala Daerah terkait bisa menjalankan roda pemerintahan ketika masa transisi. Bahkan, melanjutkan program pembangunan serta utamanya menjunjung tinggi netralitas dimasa pemilu mendatang.

Intinya, ujar Akbar, siapa pun yang diusulkan oleh DPRD setempat atau Gubernur Sultra, pihaknya mendukung tindaklanjut tersebut akan tetapi harus putra daerah Tegasnya.

Lanjut Ketua Aliansi Masyarakat Adat Akbar liambo Kabupaten Konawe meminta Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra) merestui Kadis Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Harmin Ramba menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Konawe.

“Alasan kenapa ia meminta agar Kadis Kesbangpol ini dapat menjabat sebagai Pj Bupati Konawe. Harmin Ramba merupakan putra daerah asli Konawe, dan Kadis Kesbangpol tentunya sudah menguasai medan,” Pintanya Ketua Aliansi Masyarakat Adat Kabupaten Konawe Akbar Liambo.

Laporan: Redaksi

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

  Post Views: 51